3 Manfaat Menambah Jam Terbang bagi Seorang Pilot

Karir menjadi seorang pilot merupakan salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang karena selain terlihat keren, keliling dunia gratis, gaji yang diperoleh perbulan sebagai seorang pilot juga cukup besar. Menjadi pilot juga memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ini semua bisa terjadi jika jam terbang seorang pilot cukup tinggi. Adapun salah satu caranya dengan menambah jam terbang. Nah, untuk menambah jam terbang sendiri ada beberapa caranya seperti menambah lisensi (surat izin terbang pilot), bekerja di maskapai penerbangan dengan maksimal, dan menjadi instruktur di sekolah penerbangan. Sebagai seorang pilot yang menambah jam terbang, maka ada 3 manfaat yang akan didapatkan. Adapun manfaat yang dimaksud yaitu:

Mudah mencari kerja

Mencari kerja bukan hal yang mudah untuk didapatkan. Begitu juga bagi seorang yang lulusan dari sekolah pilot apalagi lisensi yang dimiliki oleh Anda hanya 1 lisensi yaitu PPL, pastinya akan sulit. Ini dikarenakan lisensi PPL sendiri jam terbang yang didapat hanya 40 hingga 60 jam terbang. Dengan begitu, pengalaman yang Anda miliki pastinya belum banyak. Namun, untuk Anda yang memiliki banyak lisensi dan terus menambah jam terbang besar peluang untuk mudah mencari kerja. Ini semua dikarenakan Anda menambah jam terbang, maka pengalaman akan lebih banyak sehingga pihak maskapai yakin bahwa Anda telah memiliki banyak pengalaman dalam menerbangkan pesawat. Apalagi bagi Anda yang telah memiliki lisensi MER (Multi Engine Rating) sudah pastinya akan lebih mudah untuk mencari kerja karena lisensi ini merupakan lisensi pelengkap dari semua lisensi yang telah didapat (PPL, CPL, dan IR).

Naik jabatan

Di dalam dunia pilot memiliki tiga tingkatan jabatan bila Anda memutuskan untuk menambah jam terbang. Adapun tingkatan-tingkatan yang dimaksud yaitu:

  1. Frist Officer

Untuk jenis jabatan satu ini akan dipegang oleh Anda yang baru lulus dari sekolah pilot. Jenis jabatan ini baru diperbolehkan membawa pesawat dengan ukuran kecil dan didampingi oleh kapten. Bila Anda memutuskan untuk mengambil jam terbang lagi dengan cara mengambil lisensi ATPL dan ME, akan naik jabatan menjadi copilot dan captain.

  1. Co-Pilot

Jabatan kedua yang akan Anda dapatkan dari menambah jam terbang yaitu menjadi copilot. Copilot sendiri merupakan asisten/wakil dari captain.

  1. Captain

Setelah Anda mengambil jam tambah lagi, maka jabatan Anda akan naik menjadi captain. Captain sendiri merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab besar terhadap segala sesuatunya selama penerbangan.

Dengan Anda terus menambah jam terbang, bukan tidak mungkin akan naik jabatan menjadi captain.

Gaji tinggi

Selain dua manfaat di atas, manfaat ketiga dari menambah jam terbang adalah gaji tinggi. Seperti pada poin di atas semakin tinggi jam terbang, maka semakin tinggi jabatan. Nah, begitu juga semakin tinggi jabatan secara otomatis akan membuat gaji semakin tingggi. Adapun gaji yang bisa Anda terima jika menjadi Frist Officer adalah sekisaran 15-20 juta rupiah perbulan. Jika Anda naik menjadi seorang copilot, gaji yang akan diterima juga akan naik menjadi 30-40 juta rupiah. Jika jam terbang semakin tinggi dan membuat Anda menjadi seorang captain, 45 juta ke atas bisa Anda dapatkan perbulan.

Bukan tidak mungkin semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan jika Anda menambah jam terbang Anda semakin banyak. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Recommended Reading

Discuss

Your email address will not be published. Required fields are marked *